-->
Zuroya Blog

SENSOR MAGNET

SENSOR MAGNET


Sensor Magnet atau disebut juga relai buluh, adalah alat yang akan terpengaruh medan magnet dan akan memberikan perubahan kondisi pada keluaran. Seperti layaknya saklar dua kondisi (on/off) yang digerakkan oleh adanya medan magnet di sekitarnya. Biasanya sensor ini dikemas dalam bentuk kemasan yang hampa dan bebas dari debu, kelembapan, asap ataupun uap. 

Prinsip kerja sensor magnet :
Berdasarkan Hukum Faraday dimana apabila sebuah penghantar memotong suatu medan magnet maka pada kedua ujung penghantar tersebut akan menimbulkan Gaya Gerak Listrik (GGL) atau Electromagnetic Force (Emf). Besaran Emf tersebut adalah tergantung kepada kuat medan magnet dan kecepatan pemotongan. Contoh Sensor yang menggunakan Prinsip Kerja Electromagnetic ini adalah Speed Detector / Tacho Generator, Sensor Vibrasi, dan Microphone/Sensor Suara.
Konstruksi dari sebuah tacho generator tidak jauh berbeda dengan motor tipe biasa dimana statornya adalah magnet tetap dan rotornya terdiri dari gulungan kawat yang digulung sedemikian rupa. Besarnya emf yang dibangkitkan adalah sebanding dengan kecepatan putar rotornya dan Prinsip Kerja Sensor Elektromagnetic seperti ini juga dipakai untuk Flow Meter yang menggunakan Sensor / Transducer Electromagnetic.
Aplikasi sensor magnet :
1. Pintu otomatis pada mobil
Referensi :
http://bocah-cakil.blogspot.com/2013/02/prinsip-kerja-sensor-elektromagnetik.html

1 komentar

May 3, 2017 at 7:56 PM Delete comments

Mas. saya suka templatenya. Btw, nama template webnya apa ya mas?

Reply
avatar