-->
Zuroya Blog

SENSOR

SENSOR
 
Pengertian Sensor :
Sensor adalah suatu alat yang digunakan untuk mendeteksi adanya perubahan lingkungan fisik atau kimia. Sensor merupakan suatu komponen utama dari transducer, sedangkan transducer merupakan suatu sistem yang melengkapi agar sensor tersebut dapat bekerja dan mempunyai keluaran yang sesuai dengan yang kita inginkan. Sensor terdiri dari Sensor Thermal, Sensor Mekanis dan Sensor Optik. Saat ini sedang dikembangkan teknologi sensor baru yaitu Sensor Biologi.  

Berdasarkan Fungsi & Penggunaannya sesnsor dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu :
1. Sensor Thermal
Sensor thermal adalah sensor yang digunakan untuk mendeteksi gejala perubahan panas/temperature/suhu yang ada pada suatu dimensi benda atu dimensi ruang tertentu.
Contoh : Bimetal, termistor, termokopel, RTD ( Resistance Temperature Detector ), photo transistor, photo dioda, photo multiplier, photovoltaik, infrared, pyrometer, hygrometer dsb.

2. Sensor Mekanis
Sensor mekanis adalah sensor yang mendeteksi perubahan gerak mekanis, seperti pemindahan atau pergeseran atau posisi, gerak lurus dan melingkar, tekanan, aliran, level dsb.
Contoh : Strain gage, linear variable deferential transformer ( LVDT ), proximity, potensiometer, loodcell. bourdontube, dsb.

3. Sensor Optic
Sensor optic adalah sensor yang mendeteksi perubahan cahaya dan sumber cahaya, pantulan cahaya ataupun bias cahaya yang mengenai benda atau ruangan.
Contoh : photo cell, photo transistor, photo dioda, photo voltaic, photo multiplier, pyrometer optic, dsb.

Jenis Sensor yang dijumpai di lapangan :

1. Sensor Proximity
Sensor Proximity adalah sensor yang dapat mendeteksi adanya target jenis logam tanpa adanya kontak fisik.

2. Sensor Magnet
Sensor magnet adalah sensor yang akan terpengaruh mwdan magnet dan akan memberikan perubahan.

3. Sensor Sinar
Terdiri dari 3 kategori :
1. Fotovoltaic/sel solar adalah sensor sinar yang mengubah energi sinar langsung menjadi energi listrik.
2. Fotokonduktif ( fotoresitif ) yang akan memberikan perubahan tahanan ( resistansi ) pada sel-selnya, semakin tinggi intensitas cahaya yang diterima, maka akan semakin kecil pula nilai tahanannya ( semakin besar konduktifitasnya ).
3. Fotolistrik adalah sensor yang berprinsip kerja berdasarkan pantulan karena perubahan posisi / jarak suatu sumber sinar ( inframerah atau laser ) ataupun target pemantulannya, yang terdiri dari        pasangan sumber cahaya dan penerima.
 

0 komentar