-->
Zuroya Blog

Sensor Kecepatan ( RPM (Rotation Per Minute) )


Sensor kecepatan atau velocity sensor merupakan suatu sensor yang digunakan untuk mendeteksi kecepatan gerak benda untuk selanjutnya diubah kedalam bentuk sinyal elektrik. Proses penginderaan sensor kecepatan merupakan proses kebalikan dari suatu motor, dimana suatu objek atau proses yang berputar pada suatu generator akan menghasilkan suatu tegangan yang sebanding dengan kecepatan putaran objek. Kecepatan putar sering diukur dengan menggunakan sensor yang mengindera pulsa magnetis (induksi) yang timbul saat medan magnetis terjadi.

Prinsip Kerja Sensor Kecepatan :
Proses penginderaan sensor kecepatan merupakan proses kebalikan dari suatu motor, dimana suatu poros/object yang berputar pada suatui generator akan menghasilkan suatu tegangan yang sebanding dengan kecepatan putaran object. Kecepatan putar sering pula diukur dengan menggunakan sensor yang mengindera pulsa magnetis (induksi) yang timbul saat medan magnetis terjadi. Lalu tegangan ini di kirim ke ECM.

Aplikasi Sensor Kecepatan :
1. Pengukur kecepatan pada motor
2. Pengukur kecepatan pada mobil

Ide Pengembangan :
1. Sensor kecepatan pada anti-lock break system (ABS) 
berfungsi untuk memperoleh informasi tentang kecepatan masing-masing roda, informasi ini      diperlukan agar sistem dapat mengetahui roda mana yang sedang akan terkunci. Speed sensor ini dapat terpasang terpasang pada setiap roda, atau ada juga yang dipasang pada diferensial.masing-masing roda agar menghindari roda terkunci.

2. Sensor kecepatan sebagai alat pengukur kecepatan angin


0 komentar