-->
Zuroya Blog

Jenis Mode Jaringan pada VirtualBox


Jenis Mode Jaringan pada VirtualBox

Terdapat beberapa jenis konfigurasi Network pada VirtualBox, dapat dilihat pada gambar di atas, bisa kita lihat ada beberapa jenis konfigurasi di sana ada beberapa pilihan

Berikut Pengertian Jenis Konfigurasi Network pada virtual Box.

Not attached

Opsi Not attached ini digunakan apabila komputer guest pada virtual telah memiliki kartu jaringan, tetapi tidak ada koneksi yang terjadi pada kartu jaringan ini. Jadi, seolah-olah hanya kartu jaringan saja yang terpasang, tanpa adanya kabel yang dicolokan.

NAT

 Opsi NAT ini digunakan apabila kita ingin mengkoneksikan langsung komputer guest ke internet. Pada kondisi ini, IP pada komputer guest tidak perlu diset lagi , atau dapat dikatakan sudah menggunakan IP DHCP.

Bridged Adapter

Opsi Bridge adapter ini memungkinkan komputer guest menggunakan interfaces sungguhan yang ada pada komputer Host-nya, seperti Lan Card dan Wifi. Bridge adapter digunakan jika kita ingin komputer guest bisa terkoneksi dengan jaringan sungguhan bukan virtual. Jadi, dengan menggunakan janis adapter ini, posisi komputer guest akan sama dengan komputer host dalam jaringan sebuah jaringan.

Internal Network

Opsi Internal Network ini hanya bisa menghubungkan sesama komputer guest dan tidak bisa terhubung dengan komputer Host serta jaringan secara real.

Host Only Adapter

Opsi Host only adapter ini bisa digunakan untuk menghubungkan komputer guest dengan komputer Host. Pada komputer Host kita atur terlebih dahulu IP address pada interfaces Host-only adapternya.

Semoga Bermanfaat :)

0 komentar